Selasa, 23 Oktober 2012

Resume Jurnal Sehubungan dengan Teori Kognitif I


Judul Jurnal                               : 
Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar dan Kognitif Anak melalui Senam Irama Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-kanak Riyadush Sholihin Margahayu Kota Bandung)

Sumber Jurnal                           : 

Nama Penulis Jurnal                 : 
Devi Nawang Sasi 

Instansi Asal Penulis Jurnal    
Universitas Pendidikan Indonesia

Resume Jurnal

I.                   LATAR BELAKANG PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian observasi untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak taman kanak-kanak yang berusia antara 4-6 tahun . Penelitian ini melakukan observasi dengan melihat kemampuan gerak dasar anak yang meliputi berjalan, berlari, melompat, memutar dan membungkuk, dan kognitif yang meliputi memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenal konsep bilangan, mengenal pola, mengenal konsep ruang dan mengenal ukuran, secara bertahap setiap siklusnya.

II.                METODE PENELITIAN
-          Subjek
Subjek dalam penelitian ini adalah anak taman kanak-kanak Riyadush Sholihin kelompok B dengan subjek 15 orang anak
-          Tempat
       Di Taman Kanak-kanak Riyadush Sholihin Margahayu Kota Bandung
-          Tehnik Pengambilan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan studi dokumentasi
-          Analisis data
      Adapun analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik  
      kualitatif

III.             HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui senam irama dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar yang meliputi berjalan, berlari, melompat, memutar dan membungkuk, dan kognitif yang meliputi memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenal konsep bilangan, mengenal pola, mengenal konsep ruang dan mengenal ukuran, secara bertahap setiap siklusnya. Rekomendasi diberikan kepada guru agar lebih memperhatikan dan mempersiapkan kegiatan senam irama sebelum pelaksanaan, ketika pelaksanaan senam irama guru perlu lebih bersabar karena setiap anak memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda dan setiap anak memiliki jangka waktu sendiri dalam menguasai suatu kemampuan serta agar guru tidak pernah bosan untuk memberikan dukungan/motivasi kepada anak, dan saat memberikan penilaian perkembangan peningkatan kemampuan gerak dasar dan kognitif sebaiknya guru memiliki format penilaian khusus untuk menilai perkembangan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak, bagi sekolah hendaknya mensosialisasikan kepada guru lain bahwa senam irama dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan memperluas aspek kemampuan gerak dasar dan kognitif yang lain sehingga menjadi lebih komprehensif.

IV.             KOMENTAR TERHADAP JURNAL
            Menurut saya, Jurnal ini cukup baik karena dari hasil penelitian yang ditulis oleh peneliti, pada akhirnya dapat menjadikan senam irama tersebut menjadi terarah, hasil penelitian tersebut adalah melalui senam irama kemampuan gerak dasar dan kognitif anak dapat meningkat secara bertahap pada setiap siklusnya dan jurnal ini juga memberikan rekomendasi  kepada guru agar lebih memperhatikan dan mempersiapkan kegiatan senam irama, hal ini menunjukkan bahwa si peneliti sangat memperhatikan penilaian dan pengembangan dasar kognitif pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar