Minggu, 14 Oktober 2012

Kreativitas Melalui Pengkondisian Berpenguat Skinner

Dalam teori proses belajar pengkondisian berpenguat Skinner , Skinner mengidentifikasi riset Thonrdike mengenai komponen belajar yakni : 
a. Kesempatan di mana perilaku terjadi (stimulus diskriminatif) , 
b. Perilaku itu sendiri (respon) dan 
c. Konsekuensi dari perilaku (stimulus penguat).
Untuk lebih memahami maksud dari teori proses belajar pengkondisian berpenguat Skinner ini kemarin Ibu Dina, selaku dosen pengampu mata kuliah psikologi belajar kami, membagi kami menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B. Saya sendiri berada di kelompok A, Ibu Dina memberikan stimulus kepada masing-masing anggota kelompok A berupa : dua buah sertifikat dan satu buah kertas HVS. Dari stimulus tersebut saya membuat kreativitas berupa tulisan yang berisi tentang “Sertifikat, penting enggak sih?".
dalam pembuatan tulisan ini ada sedikit terjadi  incident yaitu akibat keasyikan berfikir saya hampir kehabisan waktu untuk mengumpul dan lupa meminta kertas berbentuk segiempat untuk menuliskan kaitan kegiatan dengan teori B.F Skinner kepada Ibu Dina, dan pada akhirnya saya menggunting salah satu sertifikat stimulus untuk di jadikan sebagai kertas segiempat, akibat terburu-buru kertas tadi menjadi tidak sesuai dengan ukuran kertas segi empat teman yang lainnya.
Dalam kegiatan ini saya mendapatkan penguatan positif yaitu perilaku saya menghasilkan stimulus baru dan menaikkan frekuensi (penguatan) respon saya dengan tambahan situasi.
Stimulus Diskriminatif
Respon
Konsekuensi
Tipe konsekuensi
Tipe penguatan
Ibu Dina menyuruh kami membuat kreativitas dengan dua buah sertifikat dan satu lembar kertas HVS
Saya membuat kreativitas berupa tulisan tentang “Sertifikat, penting enggak sih?”
Saya menjadi lebih mengerti tentang teori proses belajar pengkondisian berpenguat skinner
Perilaku saya, "menghasilkan" stimulus baru
positif
 Serta proses belajar ini mebuat saya untuk berfikir cepat dan menghasilkan produk sekreativ mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar