Minggu, 09 Desember 2012

Hasil Observasi SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN


A.   Data Observer
Nama Observer                                               : Juannita Sari Br. Tarigan
Nim Observer                                                  : 101301019
Kelas yang diobservasi                                     : X MM3 (Mother Boad Room)
Mata Pelajaran                                                 : Perakit Personal Komputer
Nama Guru yang Mengajar                               : Pandi
Waktu Mengobservasi                                      : 11.55 – 12.25
Durasi Observasi                                              : 30 Menit
Jumlah Siswa dalam Kelas                                : 21 Orang
Media Pembelajaran yang digunakan Guru        : Laptop
Media Pembelajaran yang digunakan Siswa       : Laptop dan Modem Pribadi
Situasi Fisik Kelas                                             :
Kelas berbentuk Persegi Panjang dan dinding kelas dibatasi dengan triplek karena sekolah dalam proses perbaikan. Terdapat beberapa fasilitas seperti :

·         Televisi                        : 1 buah
·         Whiteboard                 : 1 buah
·         Kursi dan Meja           : 25 buah
·         AC                             : 1 buah
·         Kipas Angin                : 1 buah
·         Jam dinding                 : 1 buah
Alat Observasi            : Buku , Pena
B.   Observasi
Tabel 5.7 Sebagai Panduan untuk Melakukan Observasi (Analisis)
Tahapan
Deskripsi
Persiapan Belajar
Observer mempersiapkan dan mengumpulkan informasi dan konsep yang akan di gunakan untuk melakukan observasi di dalam kelas
Pemerolehan dan Kinerja
Observer mengobservasi dan mendapatkan umpan balik
Transfer Belajar
Observer menganalisis hasil observasinya dan membuat laporan observasinya

Tabel 5.3 Sebagai Kerangka Acuan dalam Melakukan Observasi (Laporan)
Tahapan
Praktek di dalam kelas
Hasil Observasi
Persiapan Belajar :
Ø  Memerhatikan
Ø  Harapan
Ø  Pengambilan Kembali
-
Guru mengarahkan siswa dengan cara memberikan stimulus berupa ucapan dan pembentukan kelompok yang terdiri dari 7 murid di setiap kelompoknya. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk di ajarkan  penyatuan sstem jaringan namun kelompok yang belum mendapat giliran malah melakukan kegiatan masing-masing yaitu bercerita, buka Facebook, melihat foto dan banyak siswa yang keluar masuk saat jam pelajaran
Akuisi dan Kinerja :
Ø  Persepsi selektif terhadap stimulus
Ø  Pengkodean semantik
Ø  Pengambilan kembali dan respons
Ø  Penguatan

Beberapa siswa kurang peka terhadap stimulus yang di berilakan oleh Guru. Guru mentransfer informasi dengan cara mendatangi setiap kelompok yang telah di bentuk untuk mempraktekkan tugas penyatuan sistem jaringan.
Transfer Belajar :
Ø  Pengambilan petunjuk
Ø  Kemampuan generalisasi

Beberapa siswa berhasil mempraktikkan tugas tersebut tetapi ada beberapa siswa juga yang tidak bisa mempraktikkannya karena  mereka tidak membawa media pembelajaran yaitu : laptop maupun modem. Namun, secara keseluruhan siswa dapat mengapklikasikan penyatuan sistem jaringan tersebut.

C.   Testimoni
Berdasarkan observasi yang telah saya lakukan, ada beberapa tahapan yang kurang di terapkan baik pada guru maupun siswa kelas X MM3 (Mother Boad Room) di SMK Tritech Informatika Medan. Siswa kurang peka terhadap stimulus yang telah di berikan oleh Guru, Guru juga terkesan kurang perduli dengan respon siswa dan membuat cara belajar mereka menjadi tidak kondusif. Tetapi secara keseluruhan kemampuan generalisasi telah tercapai yaitu  siswa dapat mengapklikasikan penyatuan sistem jaringan dengan baik. Hal tersebut sesuai dengan  Sembilan tahapan belajar dari teori Robert Gagne. Saran saya agar pembelajaran menjadi lebih baik lagi yaitu baik Guru maupun siswa sebaiknya memberikan hubungan timbal balik yaitu saat Guru memberikan stimulus maka siswa harus memberikan respon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar