A. Data Observer
Nama Observer :
Juannita Sari Br. Tarigan
Nim Observer :
101301019
Kelas yang diobservasi : X MM3 (Mother Boad Room)
Mata Pelajaran :
Perakit Personal Komputer
Nama Guru yang Mengajar
: Pandi
Waktu Mengobservasi : 11.55 – 12.25
Durasi Observasi : 30
Menit
Jumlah Siswa dalam
Kelas : 21 Orang
Media Pembelajaran yang
digunakan Guru : Laptop
Media Pembelajaran yang
digunakan Siswa : Laptop dan Modem
Pribadi
Situasi Fisik Kelas :
Kelas berbentuk Persegi
Panjang dan dinding kelas dibatasi dengan triplek karena sekolah dalam proses
perbaikan. Terdapat beberapa fasilitas seperti :
·
Televisi : 1 buah
·
Whiteboard : 1 buah
·
Kursi dan Meja : 25 buah
·
AC :
1 buah
·
Kipas Angin : 1 buah
·
Jam dinding : 1 buah
Alat Observasi : Buku , Pena
B. Observasi
Tabel
5.7 Sebagai Panduan untuk Melakukan Observasi (Analisis)
Tahapan
|
Deskripsi
|
Persiapan
Belajar
|
Observer
mempersiapkan dan mengumpulkan informasi dan konsep yang akan di gunakan
untuk melakukan observasi di dalam kelas
|
Pemerolehan
dan Kinerja
|
Observer
mengobservasi dan mendapatkan umpan balik
|
Transfer
Belajar
|
Observer
menganalisis hasil observasinya dan membuat laporan observasinya
|
Tabel
5.3 Sebagai Kerangka Acuan dalam Melakukan Observasi (Laporan)
Tahapan
|
Praktek
di dalam kelas
|
Hasil
Observasi
|
Persiapan
Belajar :
Ø Memerhatikan
Ø Harapan
Ø Pengambilan
Kembali
|
-
|
Guru
mengarahkan siswa dengan cara memberikan stimulus berupa ucapan dan
pembentukan kelompok yang terdiri dari 7 murid di setiap kelompoknya. Setiap
kelompok akan mendapat giliran untuk di ajarkan penyatuan sstem jaringan namun kelompok yang
belum mendapat giliran malah melakukan kegiatan masing-masing yaitu
bercerita, buka Facebook, melihat foto dan banyak siswa yang keluar masuk
saat jam pelajaran
|
Akuisi
dan Kinerja :
Ø Persepsi
selektif terhadap stimulus
Ø Pengkodean
semantik
Ø Pengambilan
kembali dan respons
Ø Penguatan
|
Beberapa
siswa kurang peka terhadap stimulus yang di berilakan oleh Guru. Guru
mentransfer informasi dengan cara mendatangi setiap kelompok yang telah di
bentuk untuk mempraktekkan tugas penyatuan sistem jaringan.
|
|
Transfer
Belajar :
Ø Pengambilan
petunjuk
Ø Kemampuan
generalisasi
|
Beberapa
siswa berhasil mempraktikkan tugas tersebut tetapi ada beberapa siswa juga
yang tidak bisa mempraktikkannya karena
mereka tidak membawa media pembelajaran yaitu : laptop maupun modem. Namun,
secara keseluruhan siswa dapat mengapklikasikan penyatuan sistem jaringan
tersebut.
|
C. Testimoni
Berdasarkan observasi yang telah saya lakukan, ada beberapa tahapan yang
kurang di terapkan baik pada guru maupun siswa kelas X MM3 (Mother Boad Room) di SMK
Tritech Informatika Medan. Siswa kurang peka terhadap stimulus yang telah di
berikan oleh Guru, Guru juga terkesan kurang perduli dengan respon siswa dan
membuat cara belajar mereka menjadi tidak kondusif. Tetapi secara keseluruhan kemampuan
generalisasi telah tercapai yaitu siswa
dapat mengapklikasikan penyatuan sistem jaringan dengan baik. Hal tersebut
sesuai dengan Sembilan tahapan belajar dari teori Robert
Gagne. Saran saya agar pembelajaran menjadi lebih baik lagi yaitu baik Guru
maupun siswa sebaiknya memberikan hubungan timbal balik yaitu saat Guru memberikan
stimulus maka siswa harus memberikan respon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar