Judul Jurnal :
Meningkatkan Kemampuan
Gerak Dasar dan Kognitif Anak melalui Senam Irama
Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-kanak Riyadush Sholihin Margahayu Kota
Bandung)
Sumber Jurnal :
Nama Penulis Jurnal :
Devi Nawang Sasi
Instansi Asal Penulis Jurnal :
Universitas Pendidikan Indonesia
Resume Jurnal
I.
LATAR
BELAKANG PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian
observasi untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan
kemampuan gerak dasar dan kognitif anak taman kanak-kanak yang berusia antara
4-6 tahun . Penelitian ini melakukan observasi dengan melihat kemampuan gerak dasar anak yang meliputi
berjalan, berlari, melompat, memutar dan membungkuk, dan kognitif yang meliputi
memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenal konsep
bilangan, mengenal pola, mengenal konsep ruang dan mengenal ukuran, secara
bertahap setiap siklusnya.
II.
METODE
PENELITIAN
-
Subjek
Subjek dalam penelitian
ini adalah anak taman kanak-kanak Riyadush Sholihin kelompok B dengan subjek 15
orang anak
-
Tempat
Di Taman Kanak-kanak Riyadush Sholihin Margahayu
Kota Bandung
-
Tehnik Pengambilan Data
Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan
studi dokumentasi
-
Analisis data
Adapun analisis data yang dilakukan yaitu
dengan menggunakan teknik
kualitatif
kualitatif
III.
HASIL
PENELITIAN
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui senam irama dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar yang
meliputi berjalan, berlari, melompat, memutar dan membungkuk, dan kognitif yang
meliputi memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari, mengenal
konsep bilangan, mengenal pola, mengenal konsep ruang dan mengenal ukuran,
secara bertahap setiap siklusnya. Rekomendasi diberikan kepada guru agar lebih
memperhatikan dan mempersiapkan kegiatan senam irama sebelum pelaksanaan,
ketika pelaksanaan senam irama guru perlu lebih bersabar karena setiap anak
memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda dan setiap anak memiliki
jangka waktu sendiri dalam menguasai suatu kemampuan serta agar guru tidak
pernah bosan untuk memberikan dukungan/motivasi kepada anak, dan saat memberikan
penilaian perkembangan peningkatan kemampuan gerak dasar dan kognitif sebaiknya
guru memiliki format penilaian khusus untuk menilai perkembangan kemampuan
gerak dasar dan kognitif anak, bagi sekolah hendaknya mensosialisasikan kepada
guru lain bahwa senam irama dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dan
kognitif anak, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan
memperluas aspek kemampuan gerak dasar dan kognitif yang lain sehingga menjadi
lebih komprehensif.
IV.
KOMENTAR
TERHADAP JURNAL
Menurut saya,
Jurnal ini cukup baik karena dari hasil penelitian yang ditulis oleh peneliti, pada akhirnya dapat menjadikan senam irama tersebut menjadi terarah, hasil penelitian
tersebut adalah melalui senam irama kemampuan gerak dasar dan kognitif anak
dapat meningkat secara bertahap pada setiap siklusnya dan jurnal ini juga
memberikan rekomendasi kepada guru agar
lebih memperhatikan dan mempersiapkan kegiatan senam irama, hal ini menunjukkan
bahwa si peneliti sangat memperhatikan penilaian dan pengembangan dasar
kognitif pada anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar