1. Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN. Beri
ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan pedagogi praktis abad 21.
Jawab :
Pengenalan Warna
b. Landasan Teori :
Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain Oleh Dra. Sulasmi Darma Prawira, Mengajar, Ahli Pedagogi, dan Paradigma Belajar oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim
c. Tujuan Pembelajaran :
· Membantu anak untuk mengenal, mengingat, membedakan warna dan menyebutkannya dengan tepat
· Mengembangkan pola berfikir kreatif anak
d. Metode Pembelajaran :
Penjelasan, praktik langsung dan permainan komunikasi
e. Perlengkapan Pembelajaran :
· Pensil warna
· Buku bergambar
· Poster alfabet dan buah berwarna
f. Jumlah dan Usia Anak :
3 anak dan usia 4-5 tahun
g. Lokasi :
Rumah Keyla, Jl. Dwikora III No. 4F, Marindal Medan
h. Waktu :
30 Menit
Proses pembelajaran terasa tidak lengkap jika hanya bersifat teoritis tetapi akan sempurna jika dipadukan dengan aplikasi dari teori tersebut. Setelah memberikan penjelasan mengenai warna kepada adik-adik, kelompok saya lalu melakukan praktik langsung agar adik-adik tersebut lebih dapat mengenal warna dengan cara mewarnai gambar yang telah diberikan contoh-contoh warnanya. Melalui praktik secara langsung membuat pembelajaran semakin praktis, yaitu anak semakin paham mengenai pembelajaran yang sedang berlangsung. Setelah melakukan praktik secara langsung ada baiknya pengenalan warna juga diterapkan melalui model pembelajaran dalam bentuk permainan komunikasi, selain akan memberikan banyak manfaat yang berguna bagi perkembangan anak, seperti mengembangkan pola berfikir kreatif anak. Dapat juga membantu anak untuk mengingat dan membedakan warna serta adanya kesempatan bermain. Disini kelompok saya akan melakukan permainan komunikasi berupa menunjuk warna pada poster alfabet dan buah berwarna yang disebutkan pengajar. Jika anak menjawab dengan benar, pengajar akan memberikan anak reward. Model pengajaran inilah yang diharapkan dapat memenuhi tujuan pembelajaran kelompok saya agar dapat menambah pengetahuan baru bagi perbaikan pengajaran.
2. Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok
anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan pedagogi, tik dan fenomena kontemporer
Jawab :
Hasil observasi menunjukkan ada beberapa perbedaan pada adik-adik. Dimana adik yang pertama yaitu Keyla 5 tahun berhasil mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan baik dan dia berhasil dikategorikan mampu dengan sekali proses pembelajaran tersebut. Sedangkan Raihan dan Vira 4 tahun, harus diajarkan berulang-ulang sehingga mampu mencapai indikator yang telah ditentukan. Hal tersebut terjadi karena adik-adik memiliki latar belakang pendidikan dan usia yang berbeda yaitu Keyla yang telah mengikuti pendidikan playgroup, mungkin sebelumnya sudah sering diajarkan mengenai pengenalan warna berbeda dengan Raihan dan Vira yang belum mengikuti pendidikan apapun. Tetapi seharusnya orang tua harus lebih perhatian dengan perkembangan anak karena pada usia-usia seperti sekarang ini seharusnya anak sudah mengenal warna.
3. Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU
semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Jawab :
Strategi yang digunakan dalam perkuliah pedagogi pun sangat inovatif yaitu selalu menggunakan teknologi yang merupakan salah satu kemajuan dari fenomena kontemporer seperti : melaksanakan kuliah, mengerjakan tugas dan untuk memudahkan informasi juga dibentuk forum komunikasi secara online. Model pembelajaran ini sangat mempertimbangkan tuntutan baru dalam ilmu pengetahuan, dan teknologi kontemporer dimana semua dirancang untuk membuat model pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan berpusat pada kepribadian siswa.
ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan pedagogi praktis abad 21.
Jawab :
- Proses pembelajaran yang kelompok saya rencanakan :
Pengenalan Warna
b. Landasan Teori :
Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain Oleh Dra. Sulasmi Darma Prawira, Mengajar, Ahli Pedagogi, dan Paradigma Belajar oleh Prof. Dr. Sudarwan Danim
c. Tujuan Pembelajaran :
· Membantu anak untuk mengenal, mengingat, membedakan warna dan menyebutkannya dengan tepat
· Mengembangkan pola berfikir kreatif anak
d. Metode Pembelajaran :
Penjelasan, praktik langsung dan permainan komunikasi
e. Perlengkapan Pembelajaran :
· Pensil warna
· Buku bergambar
· Poster alfabet dan buah berwarna
f. Jumlah dan Usia Anak :
3 anak dan usia 4-5 tahun
g. Lokasi :
Rumah Keyla, Jl. Dwikora III No. 4F, Marindal Medan
h. Waktu :
30 Menit
- Ulasan uraian perencanaan proses pembelajaran berdasarkan pedagogi praktis abad 21
Proses pembelajaran terasa tidak lengkap jika hanya bersifat teoritis tetapi akan sempurna jika dipadukan dengan aplikasi dari teori tersebut. Setelah memberikan penjelasan mengenai warna kepada adik-adik, kelompok saya lalu melakukan praktik langsung agar adik-adik tersebut lebih dapat mengenal warna dengan cara mewarnai gambar yang telah diberikan contoh-contoh warnanya. Melalui praktik secara langsung membuat pembelajaran semakin praktis, yaitu anak semakin paham mengenai pembelajaran yang sedang berlangsung. Setelah melakukan praktik secara langsung ada baiknya pengenalan warna juga diterapkan melalui model pembelajaran dalam bentuk permainan komunikasi, selain akan memberikan banyak manfaat yang berguna bagi perkembangan anak, seperti mengembangkan pola berfikir kreatif anak. Dapat juga membantu anak untuk mengingat dan membedakan warna serta adanya kesempatan bermain. Disini kelompok saya akan melakukan permainan komunikasi berupa menunjuk warna pada poster alfabet dan buah berwarna yang disebutkan pengajar. Jika anak menjawab dengan benar, pengajar akan memberikan anak reward. Model pengajaran inilah yang diharapkan dapat memenuhi tujuan pembelajaran kelompok saya agar dapat menambah pengetahuan baru bagi perbaikan pengajaran.
2. Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok
anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan pedagogi, tik dan fenomena kontemporer
Jawab :
- Hasil observasi dari proses pembelajaran kelompok saya :
Hasil observasi menunjukkan ada beberapa perbedaan pada adik-adik. Dimana adik yang pertama yaitu Keyla 5 tahun berhasil mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan baik dan dia berhasil dikategorikan mampu dengan sekali proses pembelajaran tersebut. Sedangkan Raihan dan Vira 4 tahun, harus diajarkan berulang-ulang sehingga mampu mencapai indikator yang telah ditentukan. Hal tersebut terjadi karena adik-adik memiliki latar belakang pendidikan dan usia yang berbeda yaitu Keyla yang telah mengikuti pendidikan playgroup, mungkin sebelumnya sudah sering diajarkan mengenai pengenalan warna berbeda dengan Raihan dan Vira yang belum mengikuti pendidikan apapun. Tetapi seharusnya orang tua harus lebih perhatian dengan perkembangan anak karena pada usia-usia seperti sekarang ini seharusnya anak sudah mengenal warna.
- Evaluasi atas uraian observasi dari proses pembelajaran berdasarkan tinjauan pedagogi, tik dan fenomena kontemporer
- Berdasarkan Pertanyaan Esensial
- Berdasarkan Pedagogi Efektif
- Berdasarkan Pemikiran Reflektif
- Berdasarkan Koneksi Pengalaman
- Berdasarkan Kenikmatan Belajar
3. Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi USU
semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
Jawab :
- Pandangan saya tentang pembelajaran pada perkuliahan pedagogi berdasarkan tinjauan pedagogi teoritis dan prinsip-prinsip pedagogi
Strategi yang digunakan dalam perkuliah pedagogi pun sangat inovatif yaitu selalu menggunakan teknologi yang merupakan salah satu kemajuan dari fenomena kontemporer seperti : melaksanakan kuliah, mengerjakan tugas dan untuk memudahkan informasi juga dibentuk forum komunikasi secara online. Model pembelajaran ini sangat mempertimbangkan tuntutan baru dalam ilmu pengetahuan, dan teknologi kontemporer dimana semua dirancang untuk membuat model pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan berpusat pada kepribadian siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar