Lisa Chairani 10-015
Juannita Sari Br. Tarigan 10-019
Chistian Yosie 10-099
Christin Siahaan 10-107
Kesimpulan yang kami peroleh setelah melakukan diskusi
dan membuat tugas individu mengenai pengalaman pribadi yang kemudian dianalis
menggunakan teori belajar dari skinner dimana seperti yang kita ketahui bahwa teori umum dari Skinner adalah Skinner Box, yaitu dimana seekor tikus disetrum dengan tegangan rendah, apabila tikus menyentuh dinding kotak setrum
maka tegangan
akan dihilangkan
(dihentikan). Respon menyentuh tembok akan diperkuat (tikus makin sering menyentuh tembok)
karena respon ini akan menghentikan setrum. Dalam situasi itu, setrum adalah
stimulus diskriminatif , responnya adalah menyentuh tembok dan penguatnya adalah
penghentian setrum, secara spesifik, penguat negative didefenisikan sebagai
stimulus pengurangan atau penghilangan yang memperkuat perilaku (Skinner, 1989,
h 127; Margaret learning and instruction, h128).
Seperti
contoh pengalaman individu kelompok kami yaitu perilaku yang terjadi semua
dikarenakan stimulus, dan ketika stimulus diberikan respon maka respon
tersebut akan meningkat
serta mengubah perilaku dengan penguat
positif ataupun negatif (Dengan
kata lain stimulus diskriminatif (SD), Respon (R), dan Stimulus penguat
(S
reinf)) yang diasumsikan sebagai tipe penguatan akhir, hal ini di karenakan adanya stimulus diskriminatif dalam
kehidupan sehari hari. Stimulus diskriminatif tersebut membuat kita akan merespon stimulus
tersebut serta mengakibatkan kita memperoleh konsekuesi
sesuai dengan respon yang kita berikan. Konsekuensi
tersebut nantinya yang akan menjadi
penguat perilaku kita. Kita memperkuat atau meningkatkan frekuensi
perilaku yang postif atau negatif tergantung kepada konsekuensi yang kita
dapatkan dari hasil stimulus respon yang kita lakukan sebelumnya.
Jika dikaitkan
dengan pembelajaran, hal ini terkadang bagus untuk dijadikan pendekatan bagi anak-anak, yaitu untuk
menghasilkan perilaku yang kita inginkan dari anak-anak seperti rajin belajar, tidak nakal, dll kita bisa membuat stimulus diskriminatif yang
bisa menghasilkan perilaku baru atau menghasilkan perilaku yang kita inginkan
dari anak tersebut, seperti diberi permen jika tugasnya sudah selesai, di beri reward jika meraih juara, tidak di beri hadiah jika tidak meraih juara, dsb. Mungkin hal ini akan direspon baik oleh
anak, dan alhasil, respon yang diberikan oleh anak menghasilkan perilaku baru
atau perilaku yang kita inginkan, kemudian konsekuensi yang diperoleh nantinya akan memberikan sebuah penguatan bagi perilaku anak
tersebut. Dia akan terus melakukan hal yang sama
jika stimulus dan konsekuensi yang didapatkan oleh anak sama. Tapi hal ini juga akan mengalami masalah, karena anak belajar bukan karena
keinginan pengetahuan mereka sendiri tapi karena ada sesuatu yang ingin mereka
dapatkan (konsekuensinya).
Golden Nugget Hotel and Casino - Mapyro
BalasHapusFind Golden Nugget Hotel and Casino, Las Vegas, NV, United States, United 정읍 출장샵 States, ratings, 충청북도 출장마사지 photos, prices, expert 경산 출장안마 advice, traveler reviews and tips, and more 안성 출장샵 information 서귀포 출장마사지 from